kcblforum
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.
kcblforum

Sarana Komunikasi buda2 KCBL di dunia cyber
 
IndeksIndeks  GalleryGallery  Web Blog KCBLWeb Blog KCBL  Latest imagesLatest images  PencarianPencarian  PendaftaranPendaftaran  LoginLogin  
May 2024
MonTueWedThuFriSatSun
  12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
CalendarCalendar
Pencarian
 
 

Display results as :
 
Rechercher Advanced Search
MENU KCBL FORUM
 Home
 KCBL forum
 Anggota
 Profil
 FAQ
 Pencarian
 Pendaftaran Anggota
Latest topics
» This post is beyond awesome
Internet, Tim Sukses Obama ke Gedung Putih Icon_minitimeTue 02 Aug 2011, 22:26 by Tamu

» x-Hack hack you
Internet, Tim Sukses Obama ke Gedung Putih Icon_minitimeFri 29 Jul 2011, 04:28 by Tamu

» Nonton TV Online via PC - RCTI, MetroTV, TransTV, SCTV, TVONE
Internet, Tim Sukses Obama ke Gedung Putih Icon_minitimeTue 15 Jun 2010, 18:27 by raddscan

» ADD URL or SUBMIT URL situs Anda
Internet, Tim Sukses Obama ke Gedung Putih Icon_minitimeTue 12 Jan 2010, 16:29 by raddscan

» Pusat informasi beasiswa s1 s2 s3 Dalam dan Luar Negeri
Internet, Tim Sukses Obama ke Gedung Putih Icon_minitimeSat 09 Jan 2010, 02:07 by raddscan

» INFO Lowongan kerja 2011 terbaru
Internet, Tim Sukses Obama ke Gedung Putih Icon_minitimeFri 01 Jan 2010, 17:07 by raddscan

» Bedah Buku : "Deadly Mist"
Internet, Tim Sukses Obama ke Gedung Putih Icon_minitimeMon 03 Aug 2009, 22:36 by Q2

» OPO SIH PHP IKU?
Internet, Tim Sukses Obama ke Gedung Putih Icon_minitimeMon 27 Jul 2009, 22:34 by Sufi Road

» Ternyata Tubuh Manusia Bercahaya
Internet, Tim Sukses Obama ke Gedung Putih Icon_minitimeMon 27 Jul 2009, 22:25 by Sufi Road

Poll
Menurut sobat KCBL, perlu ngga di rayakan 1 th web kcbl terbentuk?
perlu di rayakan
Internet, Tim Sukses Obama ke Gedung Putih Vote_lcap75%Internet, Tim Sukses Obama ke Gedung Putih Vote_rcap
 75% [ 3 ]
ngga perlu di rayakan
Internet, Tim Sukses Obama ke Gedung Putih Vote_lcap0%Internet, Tim Sukses Obama ke Gedung Putih Vote_rcap
 0% [ 0 ]
no comen
Internet, Tim Sukses Obama ke Gedung Putih Vote_lcap0%Internet, Tim Sukses Obama ke Gedung Putih Vote_rcap
 0% [ 0 ]
Bingung
Internet, Tim Sukses Obama ke Gedung Putih Vote_lcap25%Internet, Tim Sukses Obama ke Gedung Putih Vote_rcap
 25% [ 1 ]
cape deh
Internet, Tim Sukses Obama ke Gedung Putih Vote_lcap0%Internet, Tim Sukses Obama ke Gedung Putih Vote_rcap
 0% [ 0 ]
Total Suara : 4
Top posters
Q2
Internet, Tim Sukses Obama ke Gedung Putih Vote_lcapInternet, Tim Sukses Obama ke Gedung Putih Voting_barInternet, Tim Sukses Obama ke Gedung Putih Vote_rcap 
Admin KCBL Forum
Internet, Tim Sukses Obama ke Gedung Putih Vote_lcapInternet, Tim Sukses Obama ke Gedung Putih Voting_barInternet, Tim Sukses Obama ke Gedung Putih Vote_rcap 
Sufi Road
Internet, Tim Sukses Obama ke Gedung Putih Vote_lcapInternet, Tim Sukses Obama ke Gedung Putih Voting_barInternet, Tim Sukses Obama ke Gedung Putih Vote_rcap 
Indy
Internet, Tim Sukses Obama ke Gedung Putih Vote_lcapInternet, Tim Sukses Obama ke Gedung Putih Voting_barInternet, Tim Sukses Obama ke Gedung Putih Vote_rcap 
raddscan
Internet, Tim Sukses Obama ke Gedung Putih Vote_lcapInternet, Tim Sukses Obama ke Gedung Putih Voting_barInternet, Tim Sukses Obama ke Gedung Putih Vote_rcap 
team leader
Internet, Tim Sukses Obama ke Gedung Putih Vote_lcapInternet, Tim Sukses Obama ke Gedung Putih Voting_barInternet, Tim Sukses Obama ke Gedung Putih Vote_rcap 
e2n
Internet, Tim Sukses Obama ke Gedung Putih Vote_lcapInternet, Tim Sukses Obama ke Gedung Putih Voting_barInternet, Tim Sukses Obama ke Gedung Putih Vote_rcap 
benk2
Internet, Tim Sukses Obama ke Gedung Putih Vote_lcapInternet, Tim Sukses Obama ke Gedung Putih Voting_barInternet, Tim Sukses Obama ke Gedung Putih Vote_rcap 
Sallwa
Internet, Tim Sukses Obama ke Gedung Putih Vote_lcapInternet, Tim Sukses Obama ke Gedung Putih Voting_barInternet, Tim Sukses Obama ke Gedung Putih Vote_rcap 
Statistics
Total 43 user terdaftar
User terdaftar terakhir adalah order1

Total 128 kiriman artikel dari user in 122 subjects
User Yang Sedang Online
Total 3 uses online :: 0 Terdaftar, 0 Tersembunyi dan 3 Tamu

Tidak ada

User online terbanyak adalah 25 pada Mon 15 Nov 2021, 18:47

 

 Internet, Tim Sukses Obama ke Gedung Putih

Go down 
PengirimMessage
Q2
Moderator
Moderator
Q2


Jumlah posting : 54
Registration date : 29.12.07

Internet, Tim Sukses Obama ke Gedung Putih Empty
PostSubyek: Internet, Tim Sukses Obama ke Gedung Putih   Internet, Tim Sukses Obama ke Gedung Putih Icon_minitimeFri 07 Nov 2008, 04:36

.Internet, Tim Sukses Obama ke Gedung Putih Obama150
Jakarta - Layak diakui, dukungan teknologi, khususnya internet adalah salah satu sarana penting dalam mewujudkan kemenangan Barack Obama. Terpilihnya Obama sebagai presiden Amerika Serikat ke-44 tak bisa dipisahkan dari kepiawaian tim kampanyenya melihat peluang di internet.

Selain memanfaatkan internet sebagai media kampanye, tim sukses Obama juga memanfaatkannya untuk penggalangan dana. Ini dilakukan efektif sejak ia masih berjuang di tataran partai, saat masih bersaing dengan Hillary Clinton.

Obama sebenarnya tak sendiri dalam memanfaatkan internet untuk menggalang dukungan. Rivalnya dari partai Republik John McCain juga melakukan hal serupa. Republik bahkan sudah lebih dulu melakukannya, dan tercatat sukses memenangkan kembali George W. Bush pada pilpres 2004. Calon presiden (capres) dari partai Demokrat yang bertanding pada pemilihan presiden (pilpres) sebelumnya, John Kerry juga mengandalkan penggalangan dana secara online pada pilpres 2004.

Meski bukan satu-satunya, Obama mencetak kesuksesan yang lebih dibanding rivalnya dan capres-capres terdahulu dalam pemanfaatan internet. Kuncinya, Obama memadukan kekuatan teknologi dengan pendekatan personal yang tepat, serta didukung ketersediaan data yang mumpuni. Hasilnya, kemenangan telak diraih Obama pada pilpres 4 November lalu.

Phil Noble, seorang pakar di AS yang menganalisa hubungan internet dan politik memperkirakan, penggalangan dana online yang dilakukan kubu Obama menghasilkan sedikitnya USD 1 miliar. Jumlah tersebut 12 kali lebih besar dibanding dana yang berhasil dihimpun John Kerry pada pilpres 2004.

Situs web Obama, barackobama.com, sudah dipersiapkan dengan sangat matang sehingga benar-benar siap tampil sejak hari pertama kampanye. Situs tersebut dilengkapi dengan tools yang memungkinkan para pendukungnya berinteraksi dan mendonasikan uang.

Selain situs, dukungan bagi Obama juga dihimpun dari situs jejaring sosial myBarackObama.com. Di sini, tim sukses berhasil merangkul pendukung Obama untuk menjadi relawan. Cara ini berhasil mengumpulkan jumlah relawan yang lebih banyak dibanding pesaingnya, Hillary Clinton dan John McCain.

Teknologi-Personalisasi-Data

Tak berhenti sampai pengumpulan relawan, tim sukses Obama juga melakukan strategi online yang jitu, yaitu dengan memanfaatkan partisipasi dan umpan balik para relawan. Obama dan tim belajar dari kegagalan kampanye Howard Dean pada kampanye primari tahun 2004, dan memadukannya dengan kesuksesan Bush pada pilpres di tahun yang sama.

Dean adalah capres pertama dari partai Demokrat yang menggunakan internet, dengan menggunakan Blog for America untuk memobilisasi pendukungnya. Namun sayangnya dia gagal berkomunikasi dengan para pemilih di Iowa, sehingga mengantarkannya pada kekalahan. Sementara di kubu Bush, atas bantuan relawan, saat itu Republik berhasil mendekati pendukung dengan memanfaatkan e-mail dan data yang tergali dari informasi online di internet.

Saat itu Republik mengidentifikasi karakteristik pendukung di setiap distrik, menggunakan teknologi khusus untuk menganalisa hal-hal yang menarik perhatian mereka. Identifikasi dilakukan berdasarkan data komersial yang didapat secara online, misalnya data tentang kepemilikan mobil, majalah yang disukai, film favorit, dan data sejenis itu.

Lalu kepada para relawan, mereka akan mengirimkan data para pemilih potensial yang harus dikunjungi untuk melakukan pendekatan berdasarkan isu yang paling sesuai dengan minat mereka. Data tersebut dikirim lengkap dengan peta kawasan, rute jalan, dan print-out berisi strategi capres yang bersangkutan mengenai isu yang diminati. Inilah bentuk keberhasilan pemanfaatan teknologi yang dipadukan dengan pendekatan personal dan ketersediaan data.

Cara itulah yang ditempuh Obama untuk membidik pemilih potensial, terutama pemilih-pemilih di kawasan mengambang, di mana perubahan pilihan adalah hal krusial yang bisa terjadi sewaktu-waktu. Di kubu Obama, hal itu dilakukan dengan dukungan 1,5 juta relawan, serta bank data berisi nomor telepon dan kontak personal. Sungguh sebuah sumber daya yang tidak kecil untuk melakukan banyak tugas penting demi mewujudkan kemenangan Obama.

Menurut Marshall Ganz, dosen kebijakan publik di Harvard yang merancang sistem pelatihan untuk kubu Obama, keberhasilan kampanye Obama adalah kemampuan mengimplementasikan kepemimpinan, dan peran nyata teknologi, sehingga dari situ bisa diperoleh perpaduan terbaik dari keduanya.

Komunitas Anak Muda

Kesuksesan merebut simpati anak muda juga menjadi kunci sukses kemenangan Obama. Di internet, jalan menuju ke sana adalah dengan membangun jaringan seluas-luasnya di situs jejaring sosial, seperti Facebook dan MySpace. Dan Obama menang di kedua-duanya.

Bagi para pendukung, bergabung di situs jejaring sosial adalah sebuah ekspresi publik terhadap bentuk dukungan, yang akan menimbulkan dampak politik yang lebih luas. Dan itu tidaklah sama seperti merespon e-mail dukungan.

Tidak hanya itu, Chris Hughes, salah satu pendiri Facebook, keluar dari perusahaannya sejak tahun lalu dan bergabung bersama tim sukses Obama untuk mensukseskan strategi online Obama. Ini adalah bukti dari sekian banyak dukungan anak muda terhadap Obama.

Kekalahan Ironis McCain

Terkait dengan kesuksesan penggunaan internet, kekalahan McCain kali ini bisa dibilang sangat ironis. Pasalnya McCain sebenarnya sudah memanfaatkan internet untuk penggalangan dana pada saat dia bersaing dengan Bush di pilpres 2000. McCain adalah contoh awal penggalangan dana online. Sangat disayangkan kalau akhirnya McCain gagal, mengingat dia sudah lebih berpengalaman dalam hal itu.

Dalam pilpres kali ini, McCain bersama tim suksesnya Republican National Committee (RNC) sebenarnya juga telah mengimplementasikan teknologi untuk memikat pemilih. RNC mengoperasikan sistem basis data bernama Voter Vault yang fungsinya mirip seperti yang dipakai kubu Obama. Voter Vault sudah membuktikan keberhasilannya pada pilpres 2004.

Seperti halnya Obama, McCain juga menyediakan tools jejaring sosial kepada para pendukungnya -- McCainSpace dan McCain Nation. Akan tetapi, para relawan di Florida pada umumnya mengaku tidak memanfaatkan situs tersebut. Padahal seperti yang diketahui, Florida adalah salah satu wilayah mengambang dalam pilpres AS, di mana hasil pilihan sering kali tak terduga antara memenangkan Republik atau Demokrat.

Harout Samra, pimpinan dari Florida College Republicans berpendapat, kubu McCain agak terlambat meluncurkan tools jejaring sosial, banyak pendukung yang tidak terbiasa menggunakannya karena terlanjur sudah familiar dengan Facebook. Dia menambahkan, fasilitas di dalamnya juga lebih banyak pengulangan dari yang sudah-sudah tanpa ada nilai tambah.

Menurut Noble, kekalahan McCain kali ini diduga karena partai Republik kalah dalam hal sumber daya dan investasi tools internet, serta kesulitan menggalang dukungan secara offline. Kesulitan finansial diduga menjadi penyebabnya.

Perbedaan besaran dana iklan bisa membuktikan dugaan Noble di atas. Di Florida yang merupakan wilayah kunci kemenangan, Obama mengeluarkan USD 27,5 juta untuk belanja iklan TV di Sunshine States, jauh lebih besar dari McCain yang hanya menggelontorkan dana USD 6,4 juta
Kembali Ke Atas Go down
http://www.maliki-online.tk
 
Internet, Tim Sukses Obama ke Gedung Putih
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» Kisah Sukses Bill Gates
» Sekelumit Kisah Dibalik Sukses Google
» 'Bush Dilempar Sepatu' Ngehits di Internet

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
kcblforum :: WAJIB DIBACE BAGI MEMBER KCBL FORUM :: HEADLINE NEWS KCBL-
Navigasi: